Pengaruh Pemberian Rebusan Jahe Merah (Zingiber Officinale Roscoe) Terhadap Penurunan Intensitas Dismenore Pada Remaja Putri Tingkat Ii Mts Pondok Pesantren Al-Jihad Pontianak

  • Siti Rahmawati STIK Muhammadiyah Pontianak
  • Ramadhaniyati Ramadhaniyati STIK Muhammadiyah Pontianak
  • Lestari Makmuriana STIK Muhammadiyah Pontianak

Abstract

Latar Belakang : Dismenore adalah keluhan yang sering dialami wanita menstruasi. Nyeri dirasakan pada perut bagian bawah, kadang-kadang disertai pusing, lemas, mual dan muntah, biasanya terjadi saat haid dan menjelang haid. Rebusan jahe merah mengandung gingerol, shagaol dan zingerol yang berfungsi dapat menekan hormon prostaglandin yang menyebabkan nyeri.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rebusan jahe merah terhadan intensitas dismenore pada remaja putri tingkat II MTs Pondok Pesantren Al-Jihad Pontianak.

Metode Penelitian : Jenis penelitian quasy eksperimen dengan desain Time Series Design. Sample sebanyak 19 diambil dengan Total Sample sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data diuji dengan Wilcoxon.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nyeri dismenore sebelum dan sesudah diberikan rebusan jahe merah pada Remaja Putri Tingkat II MTs Pondok Pesantren Al-Jihad Pontianak, p value = 0,000 < 0,05.

Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian rebusan jahe merah pada penurunan intensitas dismenore pada remaja putri tingkat II MTs Pondok Pesantren Al-Jihad Pontianak.

References

1. Linda,J. 2006. At a Glance Sistem Reproduksi. Jakarta: Erlangga

2. Kasmiran. 2014. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika

3. Depkes R.I., 2008. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta

4. Anugroho & Wulandari. 2011. Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: C.V Andi Offset

5. Laila. 2011. Buku Pintar Menstruasi. Jogjakarta: BUKU BIRU

6. Wilis, A.R. 2015. Pengaruh Pemberian Air Rebusan Jahe Terhadap Intensitas Nyeri Haid Pada Mahasiswa Semester 7 Stikes ‘Aisyiyah. Yogyakarta. Jurnal

7. Ramadhan. 2013. Aneka Manfaat Ampuh Rimpang Jahe Untuk Pengobatan. Yogyakarta.: Diandra Pustaka Indonesia

8. Goli, M. Moattar F. 2009. Comparison of effects of ginger, menefamic acid, and ibuprofen on pain in womenwith primary dysmenorrhe. Retrivied Oktober, 2013.

9. Kelana,K. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media

10. Proverawati dan Misaroh, 2009. Menarche. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia

11. Kinanti,W. 2013. Pengarauh Minuman Rempah Jahe Asam Dalam Mengurangi Nyeri Dismenorea Primer Pada Mahasiswi Keperawatan Angkatan 2010-2012 Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto. Jurnal

12. Sarwono, P. 2006. Buku Panduan Praktik Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka

13. Sudarti,dkk. 2012. Teori Pengukuran Nyeri dan Nyeri Persalinan. Yogyakarta: Nuha Medika

14. Wijaya, S. 2012. Khasiat dan Manfaat Jahe Bagi Kesehatan. Retrievied Oktober, 2013
Published
2017-04-19