PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PENGETAHUAN PSIKOSIAL DAN KEMATANGAN SOSIAL REMAJA

  • Hanafi Hanafi Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Wuriani Wuriani Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Kharisma Pratama Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Suriadi Jais Dosen Keperawatan, ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat
Keywords: Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Metode Tutor Sebaya

Abstract

Background: Juvenile delinquencyin Indonesia is also a serious problem that becomes a separate topic of premarital sex committed by adolescents in Indonesia.Objective: To find out about health education using the peer group method for premarital sex knowledgeMethod: This type of pre-experimental, one group study was pre-test post-test without control. The probability sampling technique uses a questionnaire. Analysis of Wilcoxon test date.Results: Student knowledge of psychosocial and social maturity before 65.6% after 100% good attitude and behavior before 32.8% after 88.5%. Wilcoxon test analysis results of the peer group method on the knowledge of psychosocialand social maturity, the results obtained 0,000 (p <0.05) knowledge of premarital section.Conclusion: Significant health education using peer tutoring methods to premarital sex knowledge in students.

Latar Belakang:Kenakalan ramaja di Indonesia juga menjadi masalah yang serius yang menjadi topic tersendiri seks pranikah yang dilakukan oleh remaja di Indonesia.Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode tutor sebaya terhadap pengetahuan seksual pranikahMetodePenelitian: Jenis penelitian bersifat pre experimental one group Pre-test post-test with not control.Teknik sampel probability sampling menggunakan kuesioner. Analisa data ujiWilcoxon. HasilPenelitian Pengetahuan siswa/i tugas perekembangan remaja sebelum diberikan pendidikan kesehatan psikososial dan kematangan sosial sebelum 65.6% setelah 100%. Hasil analisa uji Wilcoxon metode tutor sebaya terhadap pengetahuan psikososial, didapatkan hasil 0.000 (p<0.05) dari hasil uji dapat disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode tutor sebaya terhadap pengetahuan seksual pranikah.Kasimpulan:Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode tutor sebaya terhadap pengetahuan seksual pranikah pada siswa/i.

Published
2023-04-30
How to Cite
Hanafi, H., Wuriani, W., Pratama, K., & Jais, S. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PENGETAHUAN PSIKOSIAL DAN KEMATANGAN SOSIAL REMAJA. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 14(1), 94-101. https://doi.org/10.54630/jk2.v14i1.261