HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DALAM ORIENTASI PASIEN BARU DENGAN KEPUASAN PASIEN
Abstract
Latar Belakang: Kualitas pelayanan perawat merupakan rasa kepedulian, respon dan keramahan
perawat melayani pasien yang sedang dalam proses pemulihan dari penyakit untuk mencapai
kepuasan pelayanan. Orientasi pasien baru adalah kesepakatan perawat memberikan asuhan
keperawatan antara perawat dengan pasien ataupun keluarga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas pelayanan perawat dalam orientasi pasien baru terhadap kepuasan pasien di
Rumah Sakit Islam Purwokerto. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap berjumlah 95 responden.
Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian
menggunakan lembar kuisioner dengan uji chi square. Hasil: Penelitian ini menunjukan p value sebesar
0,000 < 0,05 artinya terdapat hubungan kualitas pelayanan perawat dalam orientasi pasien baru
dengan kepuasan pasien. Kualitas pelayanan perawat dalam orientasi pasien baru menunjukan bahwa
52 responden (54,7%) menyatakan berkualitas. Kepuasan pasien rawat inap menyatakan puas
berjumlah 66 responden (69,5%). Kesimpulan: Ada pengaruh hubungan antara kualitas pelayanan
perawat dalam orientasi pasien baru dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Purwokerto.